Thursday, April 1, 2010

Robot Kini Mampu Melipat Pakaian

(Foto: Ist)

CALIFORNIA - Anda yang malas melipat dan merapikan pakaian akan sangat terbantu dengan kehadiran robot ini. Para ahli robot dari University of California, Berkeley menciptakan sebuah robot yang diprogram untuk melipat pakaian atau handuk.

PR2, demikian sebutan untuk robot tersebut, merupakan robot humanoid yang bisa digunakan untuk berbagai keperluan. Robot tersebut dilengkapi dengan dua lengan di sisi kiri dan kanan, empat kamera, serta kaki beroda yang memudahkannya bergerak kesana kemari.

Dalam papernya, tim pembuat robot menyebutkan PR2 diprogram untuk menampilkan algoritma tertentu yang memungkinkannya mengambil pakaian atau handuk, kemudian melipatnya dengan rapi. Demikian keterangan yang dikutip dari Cnet, Kamis (1/5/2010).

PR2 bisa memegang dan melipat 50 lembar handuk. Meski begitu, terkadang PR2 kesulitan memegang handuk dengan baik, namun para peneliti menilai rata-rata PR2 bisa menyelesaikan tugas dengan rapi sebesar 81 persen.

Rata-rata waktu yang diperlukan PR2 untuk melipat selembar handuk adalah 1.478 detik atau hampir sekira 25 menit. Dalam hitungan waktu selama itu, PR2 mengambil lembaran handuk, melipatnya, kemudian menumpuknya pada gantungan. Lumayan membantu jika Anda termasuk tipe orang yang malas melipat dan merapikan handuk atau pakaian. (rah)




0 comments:

Sponsored link:

Get $$$ just clik and register hehe:

IP track:

Get Bonus:

List:

 

About This Blog

Yahoo bot last visit powered by MyPagerank.Net
Powered by  MyPagerank.Net
Counter Powered by  RedCounter

counter map
HYBRID Blog's Copyright © 2009 Blogger Template Designed by Bie Blogger Template